Swiftfox: Web Browser alternatif dari Firefox, Ringan dan dengan sejuta kelebihan didalamnya

logo Swiftfox

logo Swiftfox

Sudah lama gan ane menggunakan firefox sebagai web browser andalan. Sempet murtad ke Google Chrome, Opera, Epiphany tapi tetap saja pilihan jatuh ke Firefox. Mungkin karena tersedianya Add Ons yang jumlahnya sampai ribuan itu, dan yang pasti add ons favorite ane ada di firefox [scrapbook]๐Ÿ˜€ .ย  Tapi dari hari ke hari, firefox ane rasakan sangat-sangat lambat alias lelet, bahkan sering hang dan nge-close sendiri kalo buka tampilan web yang isinya flash, animasi gitu. (doh) Bingung dah mau pindah ke browser apaan? yang juga ngedukung addons yang jumlahnya banyak? dan yang pasti nggak sering hang.

Browsing-browsing di linuxtoday, tanpa sengaja ane nemuin artikel tentang web browser namanya Swiftfox, yang dikatakan disitu swiftfox adalah alternatif dari firefox dan hanya tersedia untuk pengguna linux saja. Mungkin agak basi juga ya nih artikel, tapi ya gpp orang ane juga baru denger gan.๐Ÿ˜€ Masih belum manteb, ane coba cari artikel-artikel dari blog tetangga dan nemuin sedikit pencerahan yang intinya

Swiftfox, browser kelas โ€œlightweightโ€ merupakan pengembangan dari Mozilla Firefox untuk Linux yang dioptimalkan. Pengembangan SwiftFox yang tersedia untuk prosesor AMD dan Intel ini, didasarkan pada sebagian besar kode sumber Firefox yang tersedia.

Sekilas memang tampak seperti firefox, bisa menggunakan addons dari firefox dan emang firefox. Buka 10 new tab biasanya kalo di firefox ngadat, kalo di Swiftfox enggak looh [apa cuma perasaaan aja ya]๐Ÿ˜€. Langsung aja gan, untuk menginstall Swiftfox dari ubuntu tercinta, ikuti step step dibawah ini:

1. Edit dan tambahkan baris berikut ini di /etc/apt/sources.list
deb http://getswiftfox.com/builds/debian unstable non-free

2. Update paket juragan:
$ sudo apt-get update

3. Install Swiftfox:
$ sudo apt-get install swiftfox-prescott

dan, untuk Juragan yang tidak mempunyai koneksi internet yang cukup. Download paket Swiftfox secara manual.
Ingat sesuaikan prosessor juragan dengan paket yang juragan install.

Type prossesor yang didukung

Type prossesor yang didukung

Untuk prossesor 64bit:
http://getswiftfox.com/builds/current/swiftfox-athlon64.deb

Untuk prossesor 32bit:
http://getswiftfox.com/builds/current/swiftfox-athlon64-32bit.deb

Download paket tersebut dan letakkan paket .deb tadi ke home direktori Juragan. Langsung install dengan double klik file atau dari terminal:
$ sudo dpkg -i swiftfox-3.6.0-1_prescott.deb <=== sesuaikan nama paket ini dengan paket yang juragan download atau juragan gunakan.

Atau juragan bisa merujuk ke sini
http://getswiftfox.com/deb.htm

Install dan rasakan khasiat yang diberikan.๐Ÿ™‚

8 Responses to “Swiftfox: Web Browser alternatif dari Firefox, Ringan dan dengan sejuta kelebihan didalamnya”

  1. kimsanada Says:

    PERTAMAX diamankan gan. Hahaha

    Wah, ane makenya opera nih.. Tapi ntar ane coba buktiin artikel ente..๐Ÿ˜†

  2. Tutorial Admob Says:

    untuk linux aja ya ???

  3. kangtatang Says:

    widih… jadi pengen nyoba๐Ÿ˜€
    cari bandwith dulu ah….

  4. -Lie- Says:

    Ane masih setia sama Jendela Bajakan Gan hehehehe


    hayoo migrasi..๐Ÿ˜€

  5. nova13 Says:

    wah, lum sempet om??


    cepet-cepet keburu habis ntar..๐Ÿ˜€

  6. sanjati Says:

    daripada firefox saya lebih pilih swiffox,tapi selain itu google chrome juga sering saya pakai. enteng dan lumayan cepat!


    Ringan lagi elinks gan, berbasis teks / konsole…๐Ÿ˜€

    • gemabuluk Says:

      oia elinks, bagus tuh klo dipake dikantor. dikira lagi ngoprek Terminal padahal lagi browsing. bos dijamin keki berat hahahha.

  7. itachi Says:

    wakakakakakakakakak… trik jadul๐Ÿ˜›


    ane kan masih newbie gan..๐Ÿ™‚


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: