CaseTool ?? Makanan Apa Lagi itu ….

Illustrasi Gambar

Illustrasi Gambar

Posting lagi ah, setelah sekian lama menyibukan diri dengan sejuta kesibukan akhirnya bisa update juga nih blog. Ini juga karena ada paksaan tugas Matakuliah Rekayasa Perangkat Lunak atau istilah Gaulnya ER-PE-ELπŸ˜€ yang diampu oleh Bapak Dosen kita tercinta Andi Sunyoto, M.Kom .πŸ˜›
Sebenarnya ane juga gak nggeh apa itu CaseTool, tp setelah bertanya disana dan sini, disitu juga akhirnya ketemulah ane dengan artikel yang dimaksud *senangnyaaaa…..”

Pengertian CaseTool ?
Sebelum melangkah lebih jauh, ane kasih pengertian tentan CT nih gan. CaseTool dapat didefinisikan sebagai berikut suatu teknik yang digunakan untuk membantu satu atau beberapa fase dalam life-cycle software,termasuk fase analisis,desain,implementasi dan maintenance dari software.
Adapun manfaat dari CaseTool adalah sebagai berikut:

1. CaseTool memperbesar kemungkinan otomatisasi pada setiap fase life-cycle software.
2. CaseTool sangat membantu dalam meningkatkan kualitas design model suatu software sebelum software itu dibangun/dikembangkan, baik itu untuk software yang dibangun dalam simple maupun complex environment.

Ada banyak tools yang mendukung pembangunan/pengembangan suatu software. Agar tidak membingungkan, CASE tools dibagi menjadi beberapa kategori:

1. Information engineering-supporting products. Ada beberapa proses dari life-cycle, yang dihasilkan dari rencana strategis dari perusahaan dan yang menyediakan suatu repository untuk membuat dan memelihara enterprise models, data models dan process models.
2. Tructured diagramming-supporting products. Produk ini sangat mendukung dalam memodelkan data flow, control flow dan entity flow.

3. Structured development aids-providing products. Merupakan produk yang cocok digunakan oleh sistem analis, karena didukung oleh suatu proses terstruktur sehingga penganalisaan lebih cepat dan akurat.

4. Application-code-generating products. Produk ini mampu menghasilkan application-code untuk tujuan tertentu yang telah ditetapkan oleh designer.

Agar lebih mudah, CaseTool dibagi menjadi beberapa klasifikasi:
1. Upper Case: Case yang didesain untuk mendukung perencanaan,identifikasi,dan seleksi proyek (permulaan dari perencanaan proyek),tepatnya pada fase analisis dan desain dari suatu system development life cycle (SDLC).Tools yang termasuk kelas ini adalah jenis Diagramming tools,Form and Report generators dan Analysis Tools.
2. Lower Case: Case yang di desain untuk mendukung tahap implementasi dan maintenance dari SDLC.Tools yang termasuk kelas ini adalah jenis Code Generator.

Contoh Software Upper Case :

1. Ken Rename : software dengan utilitas untuk mengubah nama tambahan jumlah file dan memiliki pohon direktori untuk memilih file.Ken rename memiliki banyak kebiasaan pintas keyboard untuk membantu pengguna memastikan aliran cepat dan mudah dari aplikasi.
2. Photoshop : perangkat lunak editor citra buatan adobe system yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek.
3. Adobe Premier : perangkat lunak editor yang dikhususkan untuk pengeditan video/film dengan berbagai efek.

4. Software Password Generator : program yang dirancang untuk menghasilkan crack,pasword dengan mudah dan cepat,kita dapat mengubah password yang sangat kuat hingga 128 panjang karakter untuk semua acount.sementara untuk membuat sandi,kita dapat menggunakan huruf,angka,simbol,dan juga sebagai kombinasi.
5. Batch File Rename : Aplikasi yang mempu mengkonversi file ke dalam share point kompatibel serta format yang kompatibel internet dan menyediakan fitur yang berbeda untuk nomor renumbering urutan dan mengubah nama file musik Mp3 dengan bantuan tag seperti album,judul.

Contoh Software Lower Case :
1. Netbeans : Software untuk pengembangan aplikasi desktop java,dan sebuah Integrated Development Environment (IDE) yang dibangun menggunakan platform NetBeans.Platform NetBeans memungkinkan aplikasi dibangun dari sekumpulan komponen perangkat lunak moduler (arsip java yang memuat kelas-kelas java untuk berinteraksi dengan NetBeans Open API dan file manifestasi yang mengidentifikasinya sebagai modul.

2. Visual Basic : Pemograman yang mudah digunakan untuk pengembangan aplikasi,baik itu aplikasi kecil maupun aplikasi besar.

3. Java : bahasa pemograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon dan dapat dikembangkan ke dalam berbagai aplikasi.

4. Desk Tool : alat yang dapat digunakan untuk meminimalkan aplikasi apapun,juga dapat membuat aplikasi transparan.Desk Tool merupakan paket dengan banyak tools canggih lainnya seperti CritHide (menyembunyikan semua aplikasi yang berisi kata kunci particular).

5. BPM ( Bussiness Process Management ) Tool : perangkat lunak yang disediakan untuk membantu organisasi dalam mengelola proses bisnis yang dimilikinya mulai dari tahap perancangan, lalu otomasi (komputerisasi), kemudian eksekusi, hingga tahap monitoring.

Nah yang menjadi sedihnya ane tuh gan, dalam pencarian nih artikel kok tidak ada yang membahas tentang software2 di opensources yak…😦

Segini dulu Gan info dari saia, maaf banged kalo repost gan kaskus , jangan di bata-big ya Gan namanya juga lagi belajar… di tunggu Cendol Kaskus nyang banyak yaaa Gan. Mari terruuuss Sundul Gan Kaskus ni Postingan, biar jadi Hot thread gitu….Β  :D :D :D

5 Responses to “CaseTool ?? Makanan Apa Lagi itu ….”

  1. niko Says:

    Hahaaaa .
    ini dia artikel yang saya tunggu.
    anak amikom juga to mas…πŸ˜€


    saya juga menunggu mas . he
    iyaak, amikom tempat kuliah orang berdasi [katanya] …πŸ˜€

  2. agusamik Says:

    Thanks mas artikel yang saya tunggu2 akhirnya dapet juga.πŸ˜€


    yohaaa .πŸ˜›

  3. vinta Says:

    kok hampir sama persis kie gimana contohnya…..brrrrrrrrr…..diLARANG memBAJAK tugas!!! ha.ha.ha


    hah . sama sapa ??
    semua ada di google …πŸ˜€

  4. ant Says:

    keren pak.,.,.,.,.,., aku njaluk Emote kaskusE toh…..


    hahaaa .
    si semut eksis juga di blog .
    **edaan, jarak ndak ada 5m komeng2nan . ;))

  5. agung Says:

    ada banyak ded..
    netbeans sendiri juga berjalan under linux, selain itu masih ada eclipse.. untuk sekelas rational rose, ada argoUML


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: