Menjalankan Game-Game Proprietary di Linux…!

Kebanyakan orang enggan untuk hijrah dari OS “Bajakan” ke Linux sebagian besar dikarenakan karena masih minimnya dukungan atau support game-game berbayar di sistem operasi linux. Sering ane denger dari orang2 yang berniat untuk hijrah ke linux, “Linux gak keren, gak bisa main game-game besar”. Ane pun njawab, itu dulu gan. masih jaman baheula, jaman disketnosaurus, jaman fir’aun. liat sekarang dengan perkembangan linux yang super duper “wah” game2 besar pun seolah ingin berlomba untuk membuat di versi linux [mungkin melihat prospek linux dan opensources kedepannya]

Walaupun ane tak suka bermain game, tapi ane seneng banged ngeliat linux yang bisa memainkan game2 berbayar. Disini ane cuma mo kasih daftar game2 apa saja yang dah disupport dengan baik di linux, oiya review disini ane menggunakan / sumbernya dari wine dan kroni-kroninya.πŸ™‚

Sumber-Sumber
1. wine
2. PlayOnLinux
3. Cedega
4. Crossover

Dan ini daftar game-game yang berhasil di jalankan mulus via wine. [maaf tidak semuanya ane review] 😦

1. Final Fantasy XI Online Final Fantasy XI
 Final Fantasy XI Online Final Fantasy XI

2. World of Warcraft 3.2.x
 World of Warcraft 3.2.x

3. EVE Online 6.x.x
 EVE Online 6.x.x

4. Watchtower Library 2008
 Watchtower Library 2008

5. Half-Life 2 Retail (32-bit)
 Half-Life 2 Retail (32-bit)

6. Day of Defeat: Source Steam
 Day of Defeat: Source Steam

7. The Elder Scrolls IV: Oblivion 1.2.x
 The Elder Scrolls IV: Oblivion 1.2.x

8. Star Wars: Jedi Knight – Jedi Academy 1.x
 Star Wars: Jedi Knight - Jedi Academy 1.x

9. Battlefield 2142 1.x
  Battlefield 2142 1.x

10. Baldur’s Gate II Throne of Bhaal
 Baldur's Gate II Throne of Bhaal

11. GTA SAN ANDREAS
 GTA SAN ANDREAS

12. Counter Strike 1.6
 Counter Strike 1.6

Segitu dulu review dari ane gan, kalo juragan ada pengalaman boleh dong di share di mari. Jangan Lupa Comment yaaah ….

Tulisan ini dibuat untuk menyukseskan Lomba Blog Open Source P2I-LIPI dan Seminar Open Source P2I-LIPI 2009.

14 Responses to “Menjalankan Game-Game Proprietary di Linux…!”

  1. dhymaz_spyro Says:

    pro evolution soccer mana?? hehehe
    sama orang malingshitnya mana?

    • ohdediku Says:

      ha haaa .
      tunggu tanggal mainnya untuk PES .

      dijagain dhymazspyro.com nya,
      siap2 di deface ma orang malingsit…πŸ˜€

  2. gusfudz Says:

    Wah, terima kasih atas infonya. Sebagai pemula yang ingin belajar banyak tentang Linux, informasi ini bisa bermanfaat bagi saya untuk “menarik” anak-anak didik saya menggunakan Linux.

    • ohdediku Says:

      Sip . sip.
      lanjutkan mas…!πŸ˜€

  3. `Tuximint.... Says:

    pak klo pake emulator shader3 lum mampu jalan pak….

  4. kangtatang Says:

    wah..mau dong maen final fantasy XI nyaπŸ™‚
    he..he…
    salam
    Kangtatang

    • ohdediku Says:

      ha ha .πŸ˜€
      kangtatang bisa j :)`

  5. floppy Says:

    nyari setup gamenya di mana gan… apa pake setup game yang diwindows tapi di instal di wine…???

    • ohdediku Says:

      Yang penting install wine dulu,
      ntar cari file installer dari game tersebut
      dah deh, sama kaya win prosesnyaπŸ™‚
      [benere ane jg belum coba]πŸ˜€

  6. vinta Says:

    numpang lewaaaaaaat jugaaaaaaaaaa :p

    wes tak koment toh hahaha

    • ohdediku Says:

      pelit .πŸ˜›

  7. Wandi thok Says:

    Saya bener-bener buntu mo komeng apa di sini mas, ohiya ada nggak link gamenya itu? Kasih dunkπŸ˜†

    • ohdediku Says:

      komeng sak komeng e pak guru .
      saya seneng banget kalo pak guru
      bermain diblog saya .πŸ˜€

      kalo untuk link nya ndak ada pak guru [tkut dibilang mbajak]πŸ˜›

  8. Grandiyf Says:

    The sims 3 juga bisa mas diinstal di linux


Leave a Reply

