Mudahnya Transfer File Kamera Digital di Ubuntu

Halo Gan, dah lama juga ya tak memposting di blog ane tercinta. Rasa kangen nyang mendalam tak pernah menjamah blog ini lagi, tapi sekarang gan ane mau semangat byar ndak terbengkalai lagi nih blog.😀

Ane mo cerita alias share aja gan, kemarin ane tuh dikasih kepercayaan ma karangtaruna ane. Kemarin tuh ada acara Halal bi Halal di kampung kebetulan ane masuk jadi Panitianya [Bagian Dokumentasi], nah dokumentasi kan berhubungan masalah foto memfoto dan undangan gitu kan gan, nah hampir semuanya ubuntu tuh nyang ngerjain, mulai dari OpenOffice Writer untuk mengetik, Spreadsheet untuk bagian keuangan2 gitu, ngeprint dan urusan transfer photo2 acara. Nah ane mo bahas tentang transfer fotonya gan, nyang gak kalah seru ketika semuanya berhubungan dengan Ubuntu. Ndak Percaya? ikutin cerita ane.

Sumpah ane kaget banged gan, ketika ane hendak mentransfer photo2 dari kamera digital Merk Canon A470. Dalam hati bisa ndak ya, ubuntu ngenalin ni device. Deg-deg sir jantung ane berdetak kencang, langsung aja tuh ane colokin kamdignya ke port USB, tunggu2 kok ndak nongol notificationnya lalu ane buka Terminal dan My Computer di Nautilus untuk mastiin ke detect ndak neh hardware. Nih gambarnya Gan.

F-Spot Terminal

F-Spot Terminal

F-Spot Nautilus

F-Spot Nautilus

Ohh, syukur banged ternyata dikenalin gan. Selang beberapa detik kemudian muncul tuh gan Notification nyang ane tunggu2, ternyata oh ternyata dikenali gan, tanpa install tuh driver dari kamdignya.😀

Welcome F-Spot

Welcome F-Spot

Langsung deh ane buka lewat F-Spot manager, nyang programnya dah default terinstall ada di ubuntu. Jadi tenang aja gan ndak usah bingung dan repot kalo ternyata ubuntu dah nyertain program buat ngelola transfer poto lewad kamdig.

fspot

Selanjutnya program F-Spot akan mentransfer Satu per satu foto atau file nyang ada di memory kamdig tersebut, ditunggu aja ampe kelar.

F-Spot Downloading

F-Spot Downloading

Sesudah tertransfer semuanya tinggal deh download atau pilah-pilih file nyang mo disimpen. Simpanya di Target Location ya.

Scren F-Spot

Scren F-Spot

Itulah gan pengalaman ane menstransfer dari kamera digital ke ubuntu, mudah bukan. Masih menerima Ijo-Ijonya   Gan, maaf banget kalo .

Tulisan ini dibuat untuk menyukseskan Lomba Blog Open Source P2I-LIPI dan Seminar Open Source P2I-LIPI 2009.

18 Responses to “Mudahnya Transfer File Kamera Digital di Ubuntu”

  1. kibot rusak Says:

    yo! setubuh dab! blogroll=blogroll…..

    • ohdediku Says:

      Lapor Blogroll sudah terpasang gan .😀

  2. boin Says:

    great….now linux plug & play ^_^
    thanks for your information ^_^

    • ohdediku Says:

      thanks mas boin dah mampir .
      **ndak bisa bahasa inggris . :))

  3. dityamada Says:

    itu pake themesny mac4lin bukan ya?wkwk…

    • ohdediku Says:

      ha haa .
      benar sekali gan, ada nyang salah ?

  4. floppy Says:

    ternyata kita punya ide sama ya.. buat tulisan cara transfer foto dari ubuntu.. tapi klo ane pake kamera kodak gan… sama kedetect juga….
    tapi tulisan ane belum di publis dan tidak sejelas dan selengkap tulisan ente gan…
    mantabs dah…

    • ohdediku Says:

      ha haa .
      emang kita senasib kali gan .

      ah tulisan ane juga gak lengkap2 amad gan .
      masih banyak bug nya .😀
      thank dah mampir gan

  5. deanet Says:

    mantap gan… sundul

    :sundul

    :up :up😀

    • ohdediku Says:

      cendol gan .😛

  6. sambaltomat Says:

    sipphhh gann,, mangstabb dahh…
    tapi klo ane sama di themesnya gann,,, hahahaa……😀

    • ohdediku Says:

      Ha haa .
      pake Mac4Lin juga ?
      coba liat thread ane yang bawahnya bawahnya lagi,
      nah itu tampilan desktop ane . :malu

  7. floppy Says:

    tulisan ane nih gan .. udah di publis sama yng punya web nya
    http://matadunia.com/teknologi/komputer/2009/10/7/600/Ubuntu_Transfer_Foto_Kamera_Digital.htm

    • ohdediku Says:

      sama gan artikelnya . Ha haa .
      tp kok ndak bisa di koment ya, pa kudu jadi anggota .

  8. jimigamelan Says:

    klo pake pda phone ipaq 6515 kok nggak bisa detek n ngk bisa transfer foto ya ?

  9. SerbaSerbaCom Says:

    Ternyata linux sudah merakyat sekarang!🙂

    • ohdediku Says:

      pasto…. eh pastii…😀

  10. yogieza Says:

    aku ora duwe camdig je’


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: