Tips Menghilangkan dan Menampilkan Icon-icon yang ada di Desktop Ubuntu

Contoh Tampilan Icon

Contoh Tampilan Icon

Apakah Anda merasa terganggu oleh icon-icon yang bertebaran di Desktop Ubuntu kesayangan atau Anda ingin menampilkan icon tersebut? Apakah merasa ribet / atau pengin untuk di tampilkan? Tenang, jangan resah karena saya juga mengalami hal yang sama [ribet:maksudnya]. Iya kalau Drive nya cuma 1-2 kalau jumlahnya banyak gimana, belum lagi Drive Flashdisk yang nancep malah bikin  ribet, tidak enak dipandang mata dan tampilannya bukan membuat indah tapi membuat pusing [itu menurut saya]. Kalau juragan pengin tahu cara-caranya untuk menghilangkan atau menampilan icon-icon yang ada di Desktop Ubuntu, silahkan ikuti tutorial berikut ini:

Ok, Langsung saja Gan, Juragan [Ngaskus mode=auto].😀 Disini kita akan masuk ke Registry – nya Ubuntu, lohh..kok Registry?? Saya menyebutnya begitu karena tampilannya mirip sekali registry di Sistem Operasi tetangga. Tidak percaya? Dari desktop pencet tuh ALT+F2 , lalu ketikan gconf-editor [lihat gambar dibawah ini]

Run Application

Run Application

Lalu akan muncul tampilan yang baru [nah bagaimana, mirip sama registry nya sistem operasi tetangga bukan]🙂 , Sesudah itu, pilih Apps | nautilus | desktop dan sesuaikan settingan Anda seperti Gambar di bawah.

Tabel Settingan Registry

Tabel Settingan Registry

Bagaimana, mudah bukan? Jangan lupa Komentarnya yaaaaahhh..🙂

7 Responses to “Tips Menghilangkan dan Menampilkan Icon-icon yang ada di Desktop Ubuntu”

  1. cacathati Says:

    kalo saya yang newbienya kelewatan ini biasanya ngisi2 icon desktop lewat ubuntu tweak. lebih instan:D
    eh btw, di jaunty, gimana cara nyeting agar tampilan icon di desktop gedenya jadi 75% (seperti di hardy) ?
    saat liat setingannya di home folder > edit > preference, default zoomnya 33%, 50 %, 66%, 100% dst.
    saya pinginnya ada pilihan 75%. karena kalo 100% kegedean, dan 66% kekecilan. ada saran mas?


    coba tekan CTRL+Scrool Mouse aja gan..😀

  2. tony85 Says:

    untuk menampilkannya gmana?

  3. heriza Says:

    Makasih mas, tulisan nya sangat membantu saya memang sdang mengalami hal yang sama …akan saya coba untuk tulisan car amount otomatis untuk ubuntu karmicnya.

  4. gemabuluk Says:

    pake”ubuntu tweak” (ada di repo, tinggal pake add or remove atau synaptic) juga bisa gan. tinggal uncheck opsi “show desktop” (^_^)

    nice post.

  5. chio Says:

    Mas blognya bagus. Tapi itu di root ya. tapi kalo di user biasa “gconf-editor” ga ada ya…atau gak muncul alias tidak diperbolehkan. apa benar begitu….masalahnya sudah kucoba dan hasilnya seperti itu. none. terima kasih sebelumnya.

  6. agung1402 Says:

    nice info gan
    tak praktekin dulu

  7. arif Says:

    makasih banyak infonya😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: