Mengeksplorasi OpenSolaris dan Ubuntu

opensolaris-desktop-small

opensolaris-desktop-small

Ceritanya gini gan, kemarin 2 minggu an yang lalu saya mendapatkan kiriman CD 3 keping OpenSolaris 2009.06 [tidak tahu juga maksud codenamenya]๐Ÿ˜€, tapi berhubung karena kesibukanku [sok sibuk] akhirnya baru tadi sore saya putuskan untukย  mencicipi apa sih isinya dalamn CD tersebut. Sebelumnya saya memesan CD tersebut disini dan membayar biaya Pak Pos 15.000 [agak mahal juga sih jika dibandingkan sama yang ini ]. Oiya, sebelumnya maaf tidak menyertakan foto-foto kiriman CD tersebut๐Ÿ™‚

Lalu apa sih, isi dari OpenSolaris 2009.06 ini? Menurut saya sih, sama saja Sistem Operasi buatan SUN ini dengan Ubuntu? Looh, kok bisa? Nih jawaban menurut pendapat saya ya, karena dari segi tampilan saja sama [GNOME:BASE], terus aplikasi-aplikasi yang disertakan secara garis besar sama, perintah-perintahnya terminalnya [perintah dasar maksudnya], apalagi ya?? Oiya, ada Synaptic gitu… Pokoknya sama, itu pendapat saya.

Nih Gan, tak kasih screenshoot persamaan OpenSolaris dengan Ubuntu antara yang kusebutkan diatas biar sampeyan-sampeyan tidak pada mumet dan bingung. Monggo….๐Ÿ™‚

.

.

.

Dilihat dari tampilan pertama, tampak tidak ada perbedaan. Sama-sama pake Gnome dan ciri khasnya dah muncul tuh dari Gnome [panel atas dan bawah]๐Ÿ™‚

Tampilan OpenSolaris

Tampilan OpenSolaris

Tampilan Ubuntu

Tampilan Ubuntu

.

.

.

.

.

.

Sesudah melihat tampilan desktopnya,ย  sekarang kita meluncur melihat menu | menu aplikasinya.

menu-opensolaris

menu-opensolaris

menu-ubuntu

menu-ubuntu

..

.

.


.

.

.

.

Setelah puas melihat menu-menu aplikasi baik di OpenSolaris maupun Ubuntu, sekarang kita akan masuk ke Aplikasi Synaptic [management untuk mengelola aplikasi]

synaptic-opensolaris

synaptic-opensolaris

synaptic-ubuntu

synaptic-ubuntu

.

.

..

.

.

.

.

.

Sudah cukup puas? Belum dong pastinya, Oke sekarang kita lihat dalam-dalamnya, Nautilus atau Konqueror atau Explorer gitu daah…

nautilus-opensolaris

nautilus-opensolaris

nautilus-ubuntu

nautilus-ubuntu

.

.

.

.

.

.

Dan ini yang terakhir tampilan dari Terminal, sebenarnya masih banyak yang lainnya persamaan OpenSolaris dan Ubuntu, wong sama-sama turunan UNIX, OpenSources apalagi ya? Ada yang mau menambahkan?? Komentar yuuup…..

.

.

terminal-opensolaris

terminal-opensolaris

terminal-ubuntu

terminal-ubuntu

11 Responses to “Mengeksplorasi OpenSolaris dan Ubuntu”

  1. ohdediku Says:

    waduuh tampilannya jadi gak jelasss gini…..
    mohon di klak-klik sendiri ya Gan gambarnya…
    jangan lupa di komentari,…..

    Dan yang penting PERRTAAMAAXXX GAN… :d

  2. Pradna Says:

    masih,belum dong sama cara pesennya.
    Aq register kok, katanya mesinnya gak cocok (brati,kudu install solaris dulu?)

    *ngarep,sangad*๐Ÿ˜€

    • ohdediku Says:

      Aduuuuhh, sowry dowry Juragan…..
      Di COba lagi Gan Link Pesennya…๐Ÿ˜›

  3. itempoeti Says:

    kang Pradna ternyata dah sampai disini duluan???๐Ÿ˜‰
    btw, 2 hari yg lalu baru terima kiriman liveCD dari Open Solaris…

  4. rian prd Says:

    ya… memang sih ga terlalu beda……..
    perintah2 pada terminal-nya.. ga terlalu beda dengan yg ubuntu……..

    • ohdediku Says:

      iya gan…๐Ÿ˜€

  5. Agus Setiawan Says:

    wew…
    ada yang ngoprek opensolaris nih..๐Ÿ™‚


    wah dedengkot OSOL dateng .
    **sembah sungkem ohdediku kpd mas agus…๐Ÿ™‚

  6. arwin kim Says:

    kebanyakan distro pada dasarnya ubuntu, mending pake ubuntu aje…

    kalo mau pake backtrack buat hack wep key ubuntu jg bisa kok malah hampir semua distro bisa lakuin gitu…

    malah q denger si jendela jg bisa wkwkwkw


    apapun distronya yg penting teh botol sosro… *loh*
    yg penting kernel linux didalamnya๐Ÿ˜€

  7. Ari Eko Prasethio Says:

    ga perlu psen cd+bayar pak pos mas ohdediku, ikut aja kegiatan osum dikampus terdekat… pasti dapet cd osol++๐Ÿ˜€ (headspin) salam kenal…

  8. Ilmi Aji Says:

    saya jg dapet cd open solaris, nanti saya coba jg ah


    sip gan..๐Ÿ˜€

  9. yayan Says:

    open solaris lebih berat kan mas?
    saya pernah pake yang 2009.06 berat banget, ngangkat aplikasi aja lama
    tapi itu apa karena live cd ya?
    kalo yang diinstall di hd sih saya belum pernah coba :p


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: