Berantas Software Bajakan, Sertifikasi Pun Dinilai Tidak Ampuh

CD

JAKARTA – Dalam membasmi peredaran peranti lunak ilegal, ada usulan yang menyebutkan kalau instansi terkait bisa meniru Perusahaan Percetakan Keuangan Negara RI (Peruri), dengan memberikan stiker sertifikat untuk printer, itu dimaksudkan untuk menekan peredaran uang palsu.

Namun, rencana untuk memberikan stiker di desktop pada setiap vendor, dinilai oleh Dhonny A Sheyoputra dari Bussiness Software Alliance (BSA) suatu hal yang mustahil. Karena, selain susahnya mengontrol dekstop yang beredar, cara itu dinilai hanya sia-sia.

“Kalau orang ingin meng-copy peranti lunak bajakan, cukup download dari internet saja. Jadi, meski desktopnya sudah ditempeli stiker peringatan, tetap saja aksi burning gampang dilakukan,” kata Dhonny, usai konferensi pers seminar ‘The Importance of Strict Corporate IT Policy as Defense Agains Legal Claims of Software Piracy’ di kantor Kadin AS, Jakarta, Kamis (28/5/2009).

Masih menurut Dhonny, saat ini BSA dan instansi pemerintah sudah memberikan semacam sertifikat HaKI, dengan melakukan pengecekan perangkat di tiap komputer. Sertifikat ini dikeluarkan setelah memenuhi semua persyaratan. Selain itu juga, penekanan melalui sosialisasi-sosialisi terus digencarkan Timnas Penangulangan Pembajakan HaKI.

Sayangnya, usaha tersebut oleh Kadin AS masih dianggap belum bekerja dengan maksimal. Menurut Joe Kaesshaefer, Commercial Counselor dari Kedutaan Besar Amerika Serikat, pemerintah Indonesia salah membuat kebijakan untuk menangani penindakan pelanggaran HaKI. Atau mungkin bisa saja jika kebijakan yang dibuat pemerintah Indonesia masih belum menemui hasil. Jadi masih harus menunggu atau perlu ada peningkatan yang harus dilakukan.

Tidak hanya itu saja, kemudahan untuk mendapatkan software bajakan juga turut menjadi andil dalam peningkatan penggunaan software bajakan di Indonesia. Walaupun, di negara lain memang gampang juga untuk mendapatkannya, tapi di Indonesia barang bajakan itu secara terang-terangan dijual bebas.

Sumber:www.okezone.com

One Response to “Berantas Software Bajakan, Sertifikasi Pun Dinilai Tidak Ampuh”

  1. Kismaryoto Says:

    Enaknya sich pakai yang asli, tapi mahalnya harga, sehingga banyak orang yang menggunakan software bajakan dan ini menjadi alternative mereka.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: