Punk Rock Jalanan (Ceritamu, Ceritaku, Cerita Kita Bersama)

(kisah ini Terinspirasi dari kisah nyata)

 

jump-for-love

jump-for-love

Tersebutlah seorang pemuda berusia 15 tahun. Namanya Tigor bersekolah kelas 3 SMP Kartika Balikpapan. Lahir di keluarga baik-baik. Konon ceritanya keluarganya yang tadinya kaya-raya mendadak jatuh miskin karena perusahaan sang ayah yang bergerak di bidang kontraktor sipil gulung tikar. Di tengah hobinya bergabung dengan klub BMX, Tigor tidak dapat memenuhi kebutuhannya untuk menyalurkan hobinya itu lebih dalam…yaitu memakai barang-barang bermerk di tubuhnya, membeli ornamen-ornamen untuk sepedanya, dan sebagainya.

 

Belum lagi ejekan dari teman-teman satu klub yang selalu diterimanya. Sementara di satu sisi, terdapat sebuah klub juga yang menamai diri mereka ‘street guys‘. Dalam jiwanya yang labil, Tigor akhirnya membelot. Anak-anak ‘street‘ jiwa kekeluargaannya lebih besar dibanding anak-anak BMX yang berasal dari keluarga ‘berada’. Tigor mulai merokok, bahkan untuk anak seusianya yang masih tergolong belia, ia sudah mulai mengenal alkohol. Orang tuanya tak henti-henti menasehatinya, tapi doktrin punk terlalu kuat…isinya antara lain “Nazi fuck…polisi anjing…kita bukan budak, jangan mau disuruh-suruh…kami anti kemapanan!!!”. Orang tuanya hanya bisa mengurut-urut dada saja ketika Tigor membantah sewaktu disuruh membuang sampah rumah tangga mereka di tempat pembuangan sampah yang tidak begitu jauh dari rumahnya. Hingga suatu waktu sang ayah marah besar ketika Tigor membentak beliau hanya karna disuruh pergi ke warung makan. Kemarahan sang ayah membuat Tigor begitu sakit hati karena Tigor belum pernah melihat sang ayah semarah itu kepadanya. Tigor pergi dari rumah tanpa membawa baju ganti satupun. Ia pergi bersama kumpulan barunya yaitu ‘street guys‘ ato lebih kita kenal dengan nama anak punk yang sesungguhnya keberadaan mereka sangat meresahkan masyarakat sekitar dan selalu membuat para polisi jengkel. Di sinilah petualangan Tigor dimulai. Bersama kumpulan barunya ia ikut mengamen di lampu merah, jika lapar dan tidak cukup uang ia mentegakan dirinya mengorek-ngorek tempat sampah demi mengobati perutnya yang sangat kelaparan. Sementara ayah dan ibunya menangis berhari-hari di rumah, berharap Tigor, anak laki-laki satu-satunya mereka segera pulang ke rumah. Tigor memiliki seorang kakak perempuan yang kemudian diasuh oleh tantenya setelah mereka jatuh miskin. Akhirnya suatu saat ibunya mendapati anak lelakinya itu sedang mengorek sebuah tong sampah. Kulitnya bertambah hitam, tubuh jangkungnya terlihat semakin kurus, rambutnya yang hitam legam bagus berubah menjadi model mohawk yang tak beraturan dan berwarna merah yang entah mungkin dari cat rambut murahan. Ibunya menangis melihat anaknya itu dan memintanya pulang ke rumah. Tapi Tigor tetap membantah sampai akhirnya temannya membujuknya untuk pulang…dan pulanglah ia. Ayahnya mulai mengalah padanya. Motor satu-satunya yang tersisa di rumah itu khusus untuk Tigor pakai. Tigor mulai mau sekolah lagi, tapi di akhir pekan, tak ada yang bisa menghalangi langkahnya untuk pergi ke Samarinda, 2 setengah jam dari Balikpapan waktu tempuhnya, bersama anak-anak punk. Namun ayah dan ibunya tak begitu khawatir karena di Samarinda banyak tante-tante dan sepupunya. Sampai akhirnya ia berkenalan dengan seorang gadis kelas 3 SMP di SMPN 2 Samarinda bernama Liza. Kebetulan Liza adalah teman satu sekolah sepupunya. Tigor pulang ke Balikpapan dengan hati berbunga-bunga. Bertambah rajinlah ia berkunjung ke Samarinda karena gadis bernama Liza ini. Orang tuanya sungguh khawatir sesuatu terjadi padanya sepanjang perjalanan lintas kota itu. Akhirnya kelulusan tiba juga. Tigor masuk ke STM Swasta satu-satunya di Balikpapan, jurusan elektro. Belum selesai cobaan yang harus Tigor dan keluarganya terima, berawal dari kecurigaan kedua orang tuanya kalau si anak buta warna karena Tigor sangat susah membedakan antara warna merah muda dan hijau, ditambah lagi dengan sang ayah adalah seorang yang buta warna. Akhirnya keluarga membawanya ke puskesmas, namun kata puskesmas hanyalah kurang latihan. Oleh karena itu kedua orang tuanya tetap nekad memasukkan ke STM yang terdekat dari rumahnya.Namun karena sudah dilatih berulang-ulang si Tigor belum juga bisa menghafal warna-warna tersebut, dengan bantuan sang tante, kemudian Tigor kembali untuk melakukan pemeriksaan dan dibawa ke dokter spesialis mata. Tigor dinyatakan buta warna parsial (60%). Bermaksud baik, sang ibu membawa surat pernyataan dari dokter itu ke pihak sekolahnya agar anaknya dipindahkan jurusan ke jurusan otomotif saja. Ternyata pihak sekolah malah beranggapan bahwa anak buta warna sama sekali tidak bisa masuk di STM di jurusan apapun, jadi lebih baik pindah ke sekolah umum saja. Padahal STM tersebut sebelumnya tidak melakukan test buta warna terhadap calon-calon siswanya maupun meminta surat pernyataan tidak buta warna terlebih dahulu dari para calon siswanya, seperti yang dilakukan oleh STM negeri. Di sekolah teman-teman memperlakukannya seperti orang yang dikucilkan, sikap sang guru juga kurang baik kepadanya (karena Tigor memang bukan siswa teladan di sekolahnya). Akhirnya Tigor membuat keputusan untuk berhenti sekolah. Ia hanya mempunyai ijazah SMP dan tambah menjadi-jadi kehidupan malam dijalaninya di usianya yang baru 16 tahun itu. Suatu hari yang paling membuat orang tuanya shock adalah Tigor yang baru pulang dari Samarinda, membawa Liza pacarnya ke rumah. Saat itu memang sang kakak sedang nginap juga di rumahnya. Ketika ditanya oleh orang tuanya, katanya si Liza akan menginap semalam, mau jalan-jalan dulu di Balikpapan, tidurnya bareng kakaknya saja. Ketika orang tuanya menanyai Liza apakah sudah ijin kepada orang tuanya, Liza bilang sudah. Walau masih sedikit curiga karena Liza masih menggunakan seragam pramuka, namun orang tua Tigor cukup lega karena menurut Liza ia sudah meminta ijin sebelum ke Balikpapan. Sampai kemudian terjadi kehebohan besar. Tantenya Tigor telpon ke rumah menanyai Tigor tentang keberadaan Liza karena orang tua Liza membuat ribut di rumah tantenya tersebut. Ketika mengetahui Tigor membawa Liza ke Balikpapan, tantenya langsung menyuruh mamanya Liza berbicara sendiri kepada ibunya Tigor. Ibu meminta mamanya Liza untuk tidak terlalu khawatir, namun mamanya Liza tetap bersikukuh meminta alamat Tigor di Balikpapan. Di tengah tidur pulasnya Liza, jam 4 subhu, orang tuanya menjemput menggunakan taxi argo. Mereka tampak sangat khawatir karena Liza adalah anak semata-wayang mereka. Akhirnya Liza dilarang orang tuanya menemui Tigor lagi. Tigor datang ke Samarinda sudah tidak disambut baik lagi oleh keluarganya Liza. Orang tua Liza tidak suka Tigor bergaul dengan Liza karena Tigor hanyalah seorang yang lulusan SMP, dan seorang punker. Liza berasal dari keluarga kaya. Tigor patah hati berat dengan Liza. Tigor mencoba untuk bunuh diri, namun teman-teman satu kumpulannya mencegahnya. Kehidupan Tigor tambah lekat pada kehidupan punk. Waktunya habis untuk mengamen dan berkumpul bersama anak-anak punk di jalanan. Puskib adalah tempat berkumpulnya mereka. Lampu merah adalah tempat mereka mengamen. Lagu andalan anak-anak punk berjudul “Punk Rock Jalanan”. Lagu itu selalu Tigor nyanyikan saat mengamen, karena Tigor merasa bahwa lagu itu sangat sesuai untuknya, dia memang seorang “Punk Rock Jalanan”. Sewaktu orang tuanya memohonnya melepaskan diri dari punk, Tigor berkata, “Bu, mereka juga keluargaku. Sewaktu motorku kehabisan bensin di kilometer 20-an, di tengah hutan sana, aku menghubungi seorangpun temanku tak ada yang bisa datang menolongku, tapi ketika aku menelpon Dedy, salah seorang teman punk, semua anak punk Balikpapan datang menghampiriku, jalan kaki mereka dari kota demi aku, menemaniku mendorong motor sampai aku bisa mengisi bensin motorku. Aku menangis dalam hati saat itu. Karena sebenarnya saat itu aku sudah ingin lepas dari mereka. Saat Liza meninggalkanku, punk tidak pernah meninggalkanku.”

Orang tuanya terharu dan tidak sanggup berkata apapun lagi. Punk memang meresahkan masyarakat, mungkin karena mereka terkesan urakan, tapi sikap kekeluargaan mereka terhadap sesamanya patut diacungi jempol. Begitulah kisah Tigor, Punk Rock Jalanan. thx

Lirik Punk Rock Jalanan (Versi 1)

sungguhku menyesal
telah mengenal dia
dan aku kecewa
tlah menyayanginya
dan aku tak akan
mengulang kedua kalinya…

kusimpan rindu dihati
gelisah tak menentu
berawal dari, kita bertemu
kau akan kujaga

kuingin engkau mengerti
betapa kau ku cinta
hanya padamu aku bersumpah
kau akan kujaga sampai mati

kuingin tau siapa namamu
dan kuingin tau dimana rumahmu
walau sampai akhir hayat ini…

jalan hidup kita berbeda
aku hanyalah punk rock jalanan
yang tak punya harta berlimpah
untuk dirimu sayang…

kutunggu kau kutunggu
kunanti kau kunanti
walau sampai akhir hayat ini (2x)

kukira kau setia padaku
ternyata kau menduakanku
diriku akhirnya tak menduga…

kukesal kini kualami
perjalanan cinta selama dulu
kukira kau bosan padaku…
ternyata kau menduakanku..

dulu kau berjanji
akan sehidup semati..(itu gombal)

dan aku kecewa telah menyayanginya
dan aku tak akan mengulang kedua kalinya…

kusimpan rindu dihati
gelisah tak menentu
berawal dari kita bertemu
kau akan ku jaga (sampai mati)

kuingin engkau mengerti
betapa kau kucinta
hanya padamu aku bersumpah
kau akan kujaga selamanya.

kuingin tau siapa yg menyayangimu
dan kuingin tau ku menyayangimu
walau sampai akhir hayat ini…

jalan hidup kita berbeda
aku hanyalah punk rock jalanan
yang tak punya mobil mewah
tuk dirimu sayang

 

Nih, kalo tertarik sama lagunya sedot di sini dan di sini. :D

 

About these ads

54 Responses to “Punk Rock Jalanan (Ceritamu, Ceritaku, Cerita Kita Bersama)”

  1. sari Says:

    Haiii

    Aku Sari, dari Musica Studio’s. Mohon bantuan nama pencipta dari lagu Punk Rock Jalanan atau contact person jika kami ingin menggunakan lagu tersebut. Karena kami sangat tertarik dengan lagu Punk Rock Jalanan.

    Untuk informasinya, dapat email ke sari@musica-studios.co.id. Kami tunggu ya informasinya..Thanks.

    regards,
    Sari
    Publishing Division
    PT.Musica Studio’s
    Jl. Perdatam Raya-Jakarta

    • Shyerentz Says:

      aghku pnenndt dgerr Lagghu thu iiank bnerr” dhrri iiank poennya…

  2. chin Says:

    cMangat iagh………!!!!!!

  3. Ujhe Says:

    wuigh…sipp…itulah yg namanya keluarga…smp terharu…memang begitulah kehidupan….tetp cmangad ya tigor…butawarna bukan berarti kita mati..tp…jadilah orang yang berguna bagi Hidupmu…Keluargamu…dan Masyarakat

  4. cRiZtyE Says:

    cMaNgaT tRuZ eA???????

  5. juan Says:

    sejati kamu

  6. nurul Says:

    akhh
    cinta mungkin hanya sekadar nama
    namun bagiku tiada alasan
    tuk mengenal apa itu cinta…

    tapi kenapa articinta hanya untuk orang yang sudah dimiliki apa tidak ada orang yang sendiri mencintai tanpa rasa ada norma dan hukum


    Nah itu juga ane kagak tahu gan . :D

  7. novi Says:

    cpa sch sbnernya yg pnya lgu?? jd pnsaran nch.. nongol dong..
    di SMA q udh rame bgt crtanya.. lhoh…
    org Q biang nya….hehehehe…. biar seruuu…


    kalo menurut ane, nih lagu sengaja dibooming2kan,
    biar bisa ngetrend kaya lagunya Gaby .. :(
    *oiya, tuh artikel ane copas dari sumber lain BUKAN opini ane gan

  8. tya Says:

    cinta tu ga penting

  9. piko Says:

    toeng… toeng….

  10. mey Says:

    Kgu tuh emang bner2 keren pa lagi lo yang nyanyi nongol…
    bakal lrbih keren……

  11. Shyerentz Says:

    I Like this song

  12. kimsanada Says:

    sering denger pengamen nyanyiin ini lagu di bus antar kota gan..

  13. uLa o'oi Says:

    . . sumpeh ,,,,, kisah na bagusht abiezt . .

    . . maju tyuzt stReet punk aghkuw die cnih akandt tyuzt mndukunk . .

    . . uLa o’oi cintha stReet punk mpey matie . .

  14. punk tawau Says:

    smangat kekeluargaan punk yang terbaik…………!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  15. nana Says:

    haiiiii , lam knal mga km kmbli kaya raya lg ia

  16. andiny Says:

    kueren abuizZzZ…
    meskipun orang berkata anak punk rock itu meresah kan,,,

    tapi kekeluargaan mereka sangat,,,t,,,o,,,p,,, b,,,g…t

  17. phytonk phyr@@ Says:

    ntu kisah nxa bnran gak tow.koq nyntuh bnget.bagusan dbwat film ja…..trus lagu punk rock jalanan jadi sndtrk nxa.

  18. julio andre Says:

    ayo punk MAJU terussss jangan dengar apa kata orang
    gunakan carmu sendiri untuk mendapatkan apa yg kau mau

  19. santi cieh damoeva Says:

    punk rock ….
    jalan truzzz , lgunya sma kya apa yg lgi gua rasain …
    thanks :)

  20. santi cieh damoeva Says:

    kpan buat lagu lgi ?????????

  21. fersalea dewi Says:

    punk rock <3

  22. roseno Says:

    Mantap bang …..
    Ijin Repost ya

  23. reza Says:

    please

  24. rizkyoioi Says:

    wahhh tuh lirik udh berubah,,,

    yg sya denger dri tigorx ga begitulirikx,,,
    sampah,,,,,

    \go untuk punk oioi

  25. adie oi oi Says:

    Dibuat film layar lebar aja gan,agar masyarakat tau apa itu punk yang sesungguhnya..

  26. ana Says:

    maNtrappppp,,!!

    Ntr ciptaIN lagU bwt anE,satU yia??
    :))

  27. rindi and jeslin Says:

    aqv jdi kasian melihatnya……………n lagu nya pun sedih koq berjuang terus ya…….ingat bangsa kita…………..

  28. guet Says:

    uhh……kasian yach semangat yach dalam masalah ini………….berjuang terus yach….

  29. cantik Says:

    coba kalian bikin kaset tentang riwayat hidup kalian…..pasti seru tuh…….

  30. abdi oktora Says:

    jngan lah kalian anggap kami sebelah mata .
    kami bukan hidup dijalan tapi kami bergerak dijalan

  31. irfan Says:

    kisah nya mantap abiz !!

    truz berjuang … gw sallut bgt ama anak2 punk ..!! i love punk ..!

  32. yulyantin_H Says:

    anjritt kereen bgt. haha coba aj ni cerita di jadiin novel pasti banyak yg suka dan pasti laku banyak.. hehe thanks :)

  33. yulyantin_H Says:

    anjritt kereen bgt. haha coba aj ni cerita di jadiin novel pasti banyak yg suka dan pasti laku banyak.. hehe mau tau mukanya si tigor ini dong.. hehe thanks

  34. fahri Says:

    seber’a punk ittu adalah sbuahh komunitas ynk ingin membla masyarakat dri ekonomi ynk mencekik masyarakat,knpa punk hrus d’blang meresahkan masyarat,knpa gw bza blang kya gtu karna gw pernah hdup dlam golongan ituu ,punk itu berjiwa kbersamaan

  35. de0n Says:

    tigor nasib qta sama , jnganlah kmu patah smngat .. aq sbagai saudara jalanan moe mndukung sampai akhir hayat ini …

    bagi warga yang mnganggap punk remeh itu salah …

  36. qiting Says:

    punk tak kan mati………
    tunjukan perubahan
    oi…oi..oi

  37. qiting Says:

    deon.sepejuang dngan ku……
    tak ada yang sempurna …..walaupun hidup kita kurang beruntung”’
    saya qiting………saya angota punk street dari bkt……
    jngan pernah putus semangat…jalani lah hidup apapun””’
    jngan tkut sama anak punk……
    sebenar nya ank punk t…berhati baik…..

    oi….oi….oi………

    salam buat tigorrrrrrrr…..

  38. Galuh Eko Basuki Says:

    maju terus anak punk jangan tkut lwan trus tirani mari merapat dan kpalkn tngan untk lwan pnindasan.

  39. chikosky Says:

    oi..oi..oi…
    Mantaf

  40. ari Says:

    love punkkkkkkkk

  41. bagoez rezpektor miliiter yhank Says:

    punk adalah pilihan aqw

  42. andhika Says:

    friendzt qw bnr” bangga Lagu.x qm beredar Luaz.xg zmaNgat ea friendzt

  43. okky punkers Says:

    mmang benar punk tdk terikat aturan2..tpi sifat2 kkeluargaan patut d acungi jempol…tpi yh jngan lpa sma yg buat alam ini n punk tu slalu yg terbaik

  44. Rizal Says:

    Like

  45. desya Says:

    gan , ini lagu pernah di nyanyiin ulang ama SID, bagus banget gan..

  46. hadi pleboe Says:

    keren bro kesahnxa

  47. Zakkyserigalaterakhir Oioioi Samarinda Says:

    Truskan Equality X Gor Punk Sllu Dihati Jngan Prnh Kta Lepas Atribut Kta Sbgai Punk Krna Punk Yg Tlah Mmbuat Kta Mngerti Ap Akan Mkna Dri Kehidupan

  48. Glutera Says:

    Mantap nih ceritanya!

  49. Danielsteersomething Punkisdead Says:

    BERONTAKAN ADALAH TUJUAN KAMI

  50. Iccank Brutal'z Says:

    punk oioi

  51. bayu Says:

    terus maju punk dan terus smngt untuk mempertahankan semangat kalian dan jgn denganrkan kata” org kalau punk adalah kumpulan yg tidak tau dri,terus tunjukan bhwa punk adalah kekeluargaan yg paling erat dan tidak akn bsa di pisakan oleh cpa pun………….

  52. indriistreetpunk Says:

    . streetPunk adalah kehidupanku …
    . punk anti KEMAPANAN

  53. hendri kurniawan Says:

    pun adalah tmn” w dan g akn bsa kalian semua ngehina ank punk,klo kalian ngehina ank” punk sma aja kalian menghina dri kalian sndri krna punk sbnr’a lebih baik dri pda kalian semua,rsa kekeluargaan punk pun lebih baik dri rsa kekeluargaan kalian semua anka” yg selalu menghina punk jalanan……


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 28 other followers

%d bloggers like this: